Sekolah Rakyat

IMM merupakan organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak pada ranah kemahasiswaan. IMM merupakan organisasi perkaderan dan juga pergerakan. Secara Ideologi IMM memiliki nilai yang terkandung dalam Trikoda yaitu religiusitas, intelektualitas, dan humanitas, dan IMM juga memiliki ranah gerakan yang merupakan interpretasi dari Trikoda tersebut yang terkandung dalam Trilogi yaitu bidang keagamaan, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan. Sehingga menjadi penting IMM sebagai organisasi gerakan dalam gerakannya harus selalu membawa nilai-nilai ideologis tersebut.

Bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat (SPM) merupakan salah satu bidang di IMM yang merupakan perwujudan dari nilai humanitas dan bergerak pada ranah kemasyarakatan. Menjadi penting bagi kita sebagai kader IMM yang merupakan kader intelektual untuk dapat peduli dan memahami isu sosial kemasyarakatan. Muhammadiyah didirikan selain sebagai organisasi gerakan dakwah namun juga sebagai organisasi gerakan sosial sudah sepatutnya IMM sebagai anak kandung Muhammadiyah juga penting bergerak dalam aspek gerakan sosial.

Dalam rangka penguatan dasar Gerakan sosial pemberdayaan masyarakat di PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta maka mengadakan kegiatan Creative Minority yaitu “SEKOLAH RAKYAT”. Sekolah Rakyat merupakan creative minority yang diadakan serta dinaungi oleh Bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat (SPM). Sekolah Rakyat hadir dalam rangka menjadi wadah pembelajaran intelektual seputar isu sosial, pemberdayaan, kemasyarakatan. Penguatan intelektual menjadi penting sebagai dasar yang harus dimiliki kader PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta yang kemudian nanti dapat diaplikasikan sebagai Gerakan sosial yang dilakukan kader PC IMM AR Fakhruddin terkhusus bidang SPM.

Dalam hal ini Sekolah Rakyat memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Menjadi wadah bagi kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam mengaktualisasikan gerakan Al-Ma’un KH. Ahmad Dahlan
  2. Upaya penguatan nilai humanitas kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
  3. Meningkatkan kompetensi, wawasan sosial, analisis dan teknik pemberdayaan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
  4. Meningkatkan nalar kritis kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah terkait isu sosial Kemasyarakatan
  5. Sebagai langkah nyata mencapai tujuan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah

Dan juga Sekolah Rakyat memiliki target kegiatan sebagai berikut :

  1. Terbentuknya kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang dapat membumikan gerakan Al-Maun K.H. Ahmad Dahlan
  2. Menguatnya nilai humanitas kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
  3. Meningkatnya kompetensi, wawasan sosial, kapasitas analisis dan teknik pemberdayaan kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
  4. Meningkatnya nalar kritis kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah terkait isu sosial kemasyarakatan
  5. Terbentuknya Pengurus Organisasi Otonom Pendidikan Analisis dan Advokasi (PA2) PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta

Maka dari itu pasca diadakannya Sekolah Rakyat, selanjutnya alumni kader Sekolah Rakyat dapat menjadi pengurus Lembaga Semi Otonom Pendidikan Analisis dan Advokasi (LSO PA2). Pendidikan Analisis dan Advokasi merupakan Lembaga Semi Otonom dibawah naungan bidang SPM, PA2 menjadi LSO yang berfungsi sebagai basis gerakan yang membantu kerja-kerja pemberdayaan bidang SPM serta membantu dalam melakukan gerak isu strategis PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta.