IMM AR Fakhruddin Sukses Gelar Gala Premiere Film Dokumenter

Sleman – Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Pimpinan Cabang Abdur Rozak Fajhruddin Kota Yogyakarta dan Ilmu Komunikasi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan kolaborasi Gala Premiere film dokumenter Cahaya Kesederhanaan Pak AR Dalam Kenangan. Pelaksanaan kegiatan Gala Premiere dan Nobar (Nonton Bareng) yang di produksi SInartha FIlms ini diikuti ratusan kader IMM dan masyarakat umum di Yogyakarta. Kegiatan tersebut bertempatan di Hall Baroroh Baried UNISA Yogyakarta, yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 November 2022 acara tersebut berlangsung sekitar pukul 19.00 sampai dengan pukul 23.00 WIB.

Acara Gala Premiere terssebut juga dihadiri oleh H. Sukriyanto AR (Anak Kedua Pak A, Prof. Abdul Munir Mulkhan (Peneliti Sejarah Muhamamdiyah) Basit Arifianto (Cucu Pak AR), Mustofa W. Hasyim (Budayawan Muhammadiyah), Ki Ashad Kusuma Djaya (Wakil Ketua PDM Kota Yogyakarta) Warsiti (Rektor UNISA) beserta civitas Unisa lainya dan keluarga besar K.H. AR Fachruddin yang juga turut hadir dalam Nonton Bareng. Film yang berdurasi 45 menit itu menceritakan tentang sejarah kehidupan Pak AR di mata sahabat dan orang-orang terdekatnya tentang kehidupan keseharian Pak AR dan merupakan saksi sejarah penting. Filosofi kehidupan dan ajaran KH AR Fachruddin juga disampaikan lewat anekdot dan penjelasan tentang makna yang terkandung dalam pesan sederhana tersebut. Serta menyampaikan filosofi kehidupan dan kepemimpinan yang sederhana memberi tauladan lewat gaya dan karakter yang penuh dengan ketulusan. Dari buku “Kepemimpinan Pak AR Dalam Kenangan” karya M Syukriyanto AR juga dijelaskan bahwa karakter pola kepemimpinan AR Fachruddin oleh banyak pihak dinilai sangat tepat untuk persyarikatan Muhammadiyah dewasa ini. Bukan sekedar gaya kepemimpinan Pak AR bisa humor, tapi seringkali menunjukkan kejeniusan. Padahal era kepemimpinan Pak AR merupakan masa-masa yang cukup pelik, baik internal maupun eksternal.

Immawan Sofyan Faisnanto selaku Ketua Bidang Seni Budaya dan Olahraga sekaligus Sutradara Film menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan Gala Premiere ini adalah “Kita sebagai kawula muda dapat mempelajari tentang kehidupan dan warisan kepemimpinan Pak AR lewat penuturan dari murid langsung dan dari beberapa orang terdekat semasa beliau hidup. Besar harapanya dapat memberi inspirasi lewat filosofi histori kepemimpinan KH Abdul Rozaq Fachruddin. Kemudian penonton dapat menikmati dan tertarik pada sejarah atau sosial-historis figur ulama bangsa. KH AR Fachruddin adalah simpul sejarah Indonesia yang lahir dari rahim pikiran panjang persyarikatan Muhammadiyah yang diwariskan dari generasi agar dapat dipertahankan dan dilestarikan” Pungkas Faiz.

Rektor UNISA Yogyakarta Warsiti, S.Kp.,M.Kep.,Sp.Mat juga menyampaikan tentang banyaknya hikmah dan amanah dalam suguhan karya film dokumenter ini “Tentu yang pertama kami meyambut moment silaturahim yang diinisiasi oleh IMM dan Ilmu Komunikasi ini kemudian momen kebersamaan intelektual dan kreator Muda Muhammadiyah yang berhasil meluluhkan hati lewat Film Pak AR ini. Hal semacam ini tentunya harus menjadi motor kreatifitas gerakan dan sekaligus sama-sama merawat ingat tentang sosok kezuhudan dan penuh kesahajaan pak AR tentu dalam kehidupan bermasyarakat,” Ungkapnya

H. Sukriyanto AR menambahkan, bahwa sejarah perjuangan tokoh Muhammadiyah  sudah sepatutnya memang harus sering divisualkan, khususnya dalam bentuk film. Dengan begitu menjadi pelajaran bagi generasi muda yang mulai kebingungan mencari sosok panutan. “Dan kita sangat bangga dengan hadirnya kreator dari Muhamamdiyah, semakin banyak rumah produksi yang berani merangkai dan mengkaryakan tokoh, ulama dan pejuang peryarikatan Muhamamdiyah.  Semoga setelah hadirnya karya dokumenter Cahaya kesederhanaan Pak AR Dalam Kenangan ini kelak lahir sineas-sineas lokal dari rahim Peryarikatan Muhammadiyah, kami sangat mengapresiasi karya film ini atas nama keluarga turut menyampaikan terimakasih yang sebanyak-banyaknya” pungkas H. Sukriyanto AR.

Film ini sungguh mengajarkan kita akan kesederhanaan, keteladanan dan kebijaksanaan serta menumbuhkan semangat di antara kita sesama kawula muda.

Film : Cahaya Kesederhanaan Pak AR Dalam Kenangan

Sutradara : Sofyan Faisnanto

Produser : Ade Putranto

Co-Producer : Yamanan

Talent : H. Sukriyanto AR, Prof. Abdul Munir Mulkan, HM. Muchlas Abror, Dra. Wastiyah, Dra. Cholifah Sukri, Basit Arifianto, Prof. Chamamah Soeratno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *