Film Dokumenter IMM AR Fakhruddin Sorot Kisah Hidup Inspiratif Kesederhanaan Pak AR

SLEMAN – Sinartha Films bekerja sama dengan PC IMM AR Fakhruddin dan Program Studi Ilmu Komunikasi UNISA Yogyakarta memperkenalkan film dokumenter Cahaya Kesederhanaan Pak AR Dalam Kenangan yang berisi tokoh inspiratif penuh kesederhanaan nan bersahaja. Kali ini, sosok yang diangkat di dalam cerita adalah K.H. AR Fachruddin ketua umum terlama dalam sejarah Muhammadiyah. Disutradarai oleh Sofyan Faisnanto, Cahaya Kesederhanaan Pak AR Dalam Kenangan diharapkan bisa menginspirasi kawula muda untuk terus berkarya merawat ingat dan nalar kreatifnya sesuai dengan bidang dan bakat kreasinya. Dengan konsep dokumenter berdurasi 40 menit, Sofyan Faisnanto berharap film ini bisa menjadi pemantik untuk para kawula muda mengetahui sosok penuh keteladanan Pak AR yang diangkat di dalamnya. “Kami berusaha mencari alur yang paling tepat dalam script ini. Film dokumenter ini dapat dibilang sebagai pemantik kawula muda agar tentu dapat merawat ingat sosok dan tokoh sebesar Pak AR yang sangat inspiratif, dan penuh keteladanan,” kata Faiz dalam peluncuran Cahaya Kesederhanaan Pak AR Dalam Kenangan di Teras Hall Bararah UNISA Yogyakarta, Rabu (16/11/2022).

Ini merupakan karya perdana IMM AR Fakhruddin dan Ilmu Komunikasi UNISA dalam merilis karya dokumenter dalam tajuk wahana kolaborasi. Ade Putranto selaku Producer juga menuturkan. ‚ÄúPeluncuran film diinisasi untuk mengenang sekaligus menghargai jasa dan perjuangan Pak AR semasa hidup, Kemudian di perantarai mas Faiz dan kolega bikin dokumenter dengan tujuan (film itu) agar kelak bisa dilihat oleh kader seluruh warga persyarikatan dan masyarakat dari masa ke masa,” jelasnya.

Yamanan selaku Co-Producer juga menambahkan, ide untuk pembuatan film dokumenter tentang Pak AR merupakan hasil proses diskusi yang cukup panjang mulai dari kami penjaringan crew dengan mengadakan workshop film hingga kali ini kita bisa bersama-sama mengenalkan ke publik lahirnya karya kolaborasi. “Bukan tanpa proses, produksi karya ini dimulai dari rangkaian agenda workshop film sampai pra produksi hari ini adalah bentuk suksesnya rangkaian follow-up waktu itu, tentu kami mengapresiasi semangat berkarya kader-kader muda Muhammadiyah ini” imbuhnya. 

Di sisi lain, ia menjelaskan bahwa film tersebut dibuat lantaran menurunya semangat literasi kader terkait sosok dan tokoh Muhamamdiyah. Karenanya, hadirlah karya ini harapanya menjadi alternatif dan penggugah untuk membuat karya dokumenter lainya. Peluncuran Cahaya Kesederhanaan Pak AR Dalam Kenangan itu juga dihadiri Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UNISA dan jajaranya, Kader IMM Cabang AR Fakhruddin Kota Yogyakarta, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNISA Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *