“WORKSHOP SINEMA: Sangkan Paraning Pakaryan”

IMM AR Fakhruddin Gelar Workshop Pra Produksi Film, Sebagai Bentuk Pengembangan Potensi Kader

Selama dua hari satu malam kader pembelajar seni audiovisual di Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Abdul Rozaq Fakhruddin Kota Yogyakarta berpartisipasi dalam workshop sinema. Menyoal manajemen pra produksi pada 28-29 Mei 2022 di Desa Wisata Budaya Rajek Wetan, Tirtoadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bidang Seni Budaya dan Olahraga selaku penyelenggara workshop sinema ini menginisisasi program pengembangan kapasitas kreatif insan dalam bidang seni visual di kalangan kader dan mahasiswa ini bukan hanya rangkaian diskusi saja melainkan terdapat agenda dan praktik berkelanjutan.

Sutradara Film Lemah Teles sekaligus CEO Jogja Sinau, Arif Yulianto sangat mengapresiasi diskusi terbuka ini. “Muhammadiyah memiliki potensi besar dalam menghasilkan cerita-cerita luar biasa untuk dinikmati penonton dan jamaahnya,” kata Arif Yulianto dalam tuturanya, Kamis (28/5/2022).

Arif Yulianto berharap agar workshop tersebut menghasilkan konten-konten yang berkualitas dengan standar produksi yang baik, sehingga dapat mempromosikan seni dan budaya syiar peryarikatan. Sementara itu, pegiat sejarah dan seni budaya, Prastowo Budi Purnama percaya bahwa banyak cerita hebat yang dapat ditemukan di kalangan Muhammadiyah bahkan Indonesia. Kata Prastowo, lewat workshop ini, pihaknya sebagai penyalur karsa atau semangat untuk terus menjadi pilar muda yang kreatif agar bisa mengemas cerita terbaik di kelasnya.

“Pembelajaran ini baru saja di mulai dan kawula muda harus bersemangat untuk mengembangkan potensi dan karsa ciptanya dalam bentuk karya yang sesuai dengan kompetensi tanpa keluar dari jalur dan kaidah kepercayaannya” ujar Prastowo. Haidrnya ruang diskusi workshop ini, IMM AR Fakhruddin telah bekerja sama dengan steakholder dan rumah produksi lokal seperti LSBO PP  Muhammadiyah, Ilmu Komunikasi UNISA Yogyakarta, Sinartha Films, dan lainya. Pasca workshop ini juga di rancang program berkelanjutan sebagai bentuk follow up dengan membuka jaringan kerja sama menuju proses produksi film perdana PC IMM AR Fakhruddin Kota Yogyakarta yang akan tayang pada 2022 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *