LITERASI GENDER UNTUK MAHASISWA MELALUI PROGRAM JURNALISTIK

Yogyakarta – Kesetaraan gender merupakan isu yang penting bagi semua orang tidak terkecuali kalangan remaja dan mahasiswa. Dalam upaya tersebut, tim program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan kegiatan “Pelatihan Jurnalistik Berbasis Gender Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta”. Rangkaian kegiatan program tersebut sudah dilakukan sejak Januari 2020 sampai dengan Oktober 2020 ini.

(Foto: Kegiatan mentoring tentang pentingnya kesetaraan gender yang dilakukan oleh salah
satu Dosen TIM PKM kepada para mahasiswa IMM yang dilakukan di Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta (02/2020) / sebelum diberlakukannya perkuliahan daring)

Kegiatan tersebut dimulai dengan serangkaian program workshop yang membahas tentang membongkar ideologi gender dan ketidakadilan gender, kemudian berlanjut pada pelatihan jurnalistik kepada semua peserta. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membangun kesadaran tentang problem gender yang terjadi di sekitar dan mendorong mereka untuk mengekspresikan gagasannya dalam bentuk tulisan. Program pelatihan tersebut diikuti oleh 25 mahasiswa dan menghasilkan 7 karya tulisan dari mahasiswa dan 2 karya tulisan dari dosen tim PKM. Karya tulisan tersebut kemudian telah dimuat menjadi sebuah buku yang berjudul “Tafsir Gender (Sebuah Refleksi Atas Problem Gender dan Seksualitas di Sekitar Kita)”.

Para penulis tersebut diantaranya Adinda Putri Surya Kencana, Ajeng Bagja Ramadhan, Ana Balqis Aliifah, Dede Muniroh, Dila Farhani, Laili Maulidiyah dan Muria Endah Sokowati. Diharapkan dengan hadirnya buku ini, bisa menjadi agen sosialisasi bagi remaja lainnya terkait pentingnya pemahaman kesetaraan gender di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *