Darul Arqam Madya 2019

Indonesia mempunyai sejarah panjang mengenai gerakan mahasiswa. Gerakan yang bercorak pada perlawanan terhadap rezim pada saat itu. Salah satu peristiwa yang bersejerah adalah runtuhnya rezim presiden Soeharto oleh aksi gerakan mahasiswa. Peran gerakan mahasiswa sangat berpengaruh dan dirasakan oleh masyarakat pada saat ini. Berbanding terbalik kondisi pasca reformasi, gerakan mahasiswa hari ini dirasa hilang keberadaannya di masyarakat. Perannya mulai tergantikan oleh organisasi-organisasi yang mempunyai orientasi modern yang cenderung mengarah kepada dehumanisasi dan sekulerisasi.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) sebagai organisasi gerakan mahasiswa islam secara ideologis mempunyai orentasi gerakan sosial. Permasalahan yang timbul hari ini adalah IMM yang secara kelahiran mempunyai corak gerakan sosial yang mulai dirasa kurang perannya memecahkan permasalahan sosial di masyarakat. IMM harus senantiasa berijtihad dalam gerakannya sehingga mampu mengambil peran dalam memecahan permasalahan sosial. Sehingga, agenda gerakan pencerahan Muhammadiyah yang dicetuskan dalam Muktamar ke-47 di Makassar dan berisi tiga poin penting, yakni pembebasan, pemberdayaan dan pemajuan dapat diwujudkan oleh IMM.

Lewat ikhtiar kita diatas, kita mengambil tema di Darul Arqam Madya kali ini yaitu: Penegasan Gerakan Sosial Modern melalui Paradigma Gerakan Intelektual.

Pengumuman Peserta Lolos Tahap 1:

Perihal segalanya tentang DAM 2019 kali ini, lihat Term of Reference di sini

Bila ada pertanyaan, mohon segera menghubungi Narahubung resmi kami: Email atau WhatsApp